13 Desember 2009


Pesan Mak


Saya ingat betul ketika 15 tahun yang lalu, ketika saya dan Mak (ibu) di Pematang Sawah pernah berpesan “sungguh, kau di uji oleh Alloh SWT dengan apa yang kau katakan, maka kamu harus bersabar.” Pesan itu masih terngiang ditelinga, lidah jadi kelu dan kaku bahwa pesan Mak itu ada di Al-Qur’an :“Maka demi Tuhan langit dan bumi, sesungguhnya yang dijanjikan itu adalah benar-benar (akan terjadi) seperti perkataan yang kamu ucapkan.” (Q.S Adz-Dzaariyaat : 23).

Maka tak heran jika kita lihat kenyataan dimasyarakat sekarang, banyak artis yang kawin cerai dan selingkuh . Mungkin anda ingat lagu Krisdayanti yang judulnya “aku wanita biasa,” lagunya Betaria Sonatha “pulangkan saja aku pada ibuku atau ayahku” dan akhirnya mereka bercerai, semua itu tak terlepas dari perkataan-perkataan yang kemudian perkataannya itu menjadi ujian bagi dirinya.



Ujian yang akan kita hadapi adalah apa yang menjadi perjuangan, seorang guru di sekolah akan diuji oleh anak muridnya, mampukah ia mendidik dan bersabar atasnya, seorang ulama akan diuji dengan ilmunya, hingga ujian itu akan membuktikan keimanannya.



Terlepas dari semua ujian yang akan kita hadapi, bekal yang harus dipersiapkan adalah sikap ikhlas menerima semua yang akan kita hadapi dalam menjalani hidup di dunia ini, semoga saya, kita dan anda semuanya bisa.

Label: