01 April 2010


 The Making Of an Entrepreneur
Alhamdulillah, minggu pagi kemarin tgl 28 Maret 2010,  ini saya bisa mengikuti pelatihan Entrepreneur di Gedung Dharma Wanita Persatuan Pusat, Karet Kuningan. Jakarta Selatan
Tema yang sangat menarik dan inspiratif  membuat audiens merasa tertantang bagaimana menciptakan peluang-peluang usaha, dengan narasumber yang kompeten sekaligus praktisi bisnis sehingga lebih mengena dari sisi spiritualnya karena mengalami langsung sebagai pengusaha.
Sesi pertama yang dibawakan oleh Pak Bambang Suharno, pemilik Resto Cici Tegal, penulis buku langkah jitu memulai bisnis dari nol serta direktur Indonesian Entrepreneur Society (IES) yang temanya membahas “membangun bisnis kita”.
Sesi dua dibawakan oleh Bang Jay (Zainal Abidin), beliau seorang kolumnis di www.warnaislam.com dan konsultan SDM di DepDikNas serta penulis buku monyet saja bisa cari uang.
Sesi ketiga dibawakan oleh Pak Said Hisyam, beliau seorang praktisi lembaga keuangan sekaligus direktur BMT Institute, dengan tema strategi keuangan.
Namun dari beberapa narasumber diatas, ada testimony yang sangat menarik yaitu kisah Pak Waryono yang seorang office boy dengan memulai usaha Rp 500.000 bisa memiliki beberapa usaha yang lain, diawali dari usaha sembako di rumah bersama istrinya kemudian beranak pinak ke usaha tanaman hias, jasa toilet umum, warung pecel lele di daerah Serpong dan lain-lain. Beliau pernah diliput di SCTV mengenai wirausaha dan UKM.
Dari awal hingga akhir saya mengikuti pelatihan entrepreneur, bisa diambil kesimpulan bahwa nilai-nilai entrepreneur sangat dipengaruhi oleh spiritual yaitu keyakinan, bahkan Rasul SAW mengatakan dari sepuluh pintu rezeki, sembilannya ada di perdagangan. Tetapi pedagang yang tidak jujur bisa terjerumus ke neraka.