16 Juli 2012

 
Harta yang Berkah dan yang Tidak

Harta, sebanyak apapun pasti akan kita tinggalkan, mesti katanya hartanya tidak habis tujuh turunan. Untuk melihat harta itu berkah atau tidak bisa dilihat dikeluarga, banyak fenomena disekitar kita, hartanya banyak, usahanya dimana-mana tetapi sedikit hartanya digunakan untuk menolong agama Allah SWT atau untuk membantu sesama, sehingga yang empunya harta meninggal dunia habislah semua harta yang dimilikinya untuk mengobati sakitnya, atau dihabiskan keturunannya. bukan tidak boleh menjadi kaya atau banyak harta, karena Islam dibawa ke nusantara pun oleh para 'alim ulama yang juga pengusaha.

Harta bukan segalanya, tetapi segalanya perlu harta. membangun masjid perlu harta, membangun sekolah dan fasilitas umum juga perlu harta, tetapi semua itu bukan dari hasil korupsi, suap menyuap. maka ketika kita bisa merasakan suasana masjid di sekitar kita yang gerah atau panas meskipun masjid itu ada air conditioner nya mungkin bisa jadi masjid itu dibangun di atas harta yang tidak berkah.

Harta yang tidak berkah juga bisa dirasakan disuasana keluarga anda, bisa jadi istri atau suami sering berantem karena ada harta yang tidak berkah, rumah mewah, mobil mewah tetapi semua hasil kredit yang membuat pusing tujuh keliling. berbeda dengan orang yang hatinya tidak terikat oleh dunia, dengan semua asesories dunia, hidupnya tenang, nyaman, harmonis dan adem ayem kata orang jawa. Semua itubisa kita rasakan, kita raba, dan hati yang bisa merasakan.

Semoga kita terhindar dari harta yang tidak berkah, perjalanan hidup ini sungguh misteri, tak ada orang yang bisa menjawab semua itu. kelihatan banyak tetapi sebenarnya sedikit, kelihatan sedikit tetapi sebenarnya banyak.

Duhai Alloh, karuniakan kepada kami harta yang berkah dan melimpah, keluarga yang harmonis, pertemanan yang dinamis dan kelapangan dalam setiap urusan. amin.