18 Desember 2012

Daftar Haji Emak

Alhamdulillah, hari ini saya mendaftarkan haji orang tua ke Departemen Agama Kabupaten Tangerang di Cikokol. Didampingi sama Pak H. Yandi dari PT. Gajah Tunggal Tbk. Rencana nantinya emak mau ikut rombongan HAJI GAJAH TUNGGAL GROUP. Tapi menunggu sepuluh tahun baru bisa berangkat.

Sedikit menjelaskan prosedur pendaftaran haji tahun 2012.Karena prosedur/ketentuan tiap tahun bisa saja berbeda dari kementrian agama setempat. beda wilayah/lokasi juga beda prosedur. Untuk mengeceknya bisa menanyakan langsung ke kementrian agama setempat.

Memilih Bank Tempat Menyetor BPIH

Sebelum Anda memutuskan untuk menyetor BPIH ( Biaya Perjalanan Ibadah Haji) sebaiknya Anda cari informasi tentang Bank penerima setoran yang mempunyai pelayanan terbaik bagi calon jamaah juga mudah memberikan informasi.
Agar waktu Anda tidak banyak terbuang untuk pembukaan setoran ke Bank sebaiknya Anda minta informasi tentang persyaratan diperlukan melalui telpon ke pihak Bank yang sudah Anda putuskan untuk menjadi tempat menyetor BPIH. Ada baiknya Anda sudah mempersiapkan dokumen sbb :

  • Photo Copy KTP ( Anda prepare banyak juga tidak mengapa kira-kira 5 lembar buat domisili kabupaten - 15 lembar lembar buat Kotamadya, nanti lebihnya Anda simpan karena akan dibutuhkan untuk dokumen haji di depag dan kesehatan)
  • Meterai 6000 (bisa Anda persiapkan 3 lembar, untuk urusan Bank dan dokumen haji
    lainnya)

Biasanya Bank yang ditunjuk sebagai Bank penerima setoran BPIH mempunyai product tabungan Haji. Setoran awal secara umum adalah Rp. 500.000,- ( lima ratus ribu rupiah). Setoran ini merupakan syarat pembukaan tabungan, selanjutnya Anda harus mengisi saldo tabungan Anda sampai mencapai Rp 25.000.000,- (25 juta rupiah) Totalnya nanti menjadi Rp 25.500.000,sebagai syarat untuk mendapatkan nomor kursi (nomor porsi haji). Kalau memang tabungan Anda di Bank lain sudah mencukupi sebaiknya langsung saja ditransfer ke tabungan Anda ini, karena sistem pendaftaran haji saat ini terbuka terus ke SISKOHAT secara online, yang menentukan nanti adalah apakah nomor porsi Anda masuk dalam pemberangkatan haji tahun itu. ( Nah kalau sudah memenuhi syarat minimum saldo 25.500.000 rupiah untuk tahun 2012), kemungkinan pengumuman dari kementrian agama untuk setoran awal tahun 2013 bisa mencapai 30 juta rupiah), baru Anda mengisi Form-form lanjutan yang diberi dari pihak Bank. Dan Anda akan diberi bukti Setoran BPIH sebagai syarat awal Anda bisa mendaftar ke kantor Depag.

Proses Pendaftaran ke Departemen Agama Setempat
Setelah Anda menerima bukti setor BPIH dari Bank tempat Anda menyetor uang BPIH, dan mengisi formulir SPPH (Surat Permohonan Perjalanan Haji) yang ditandatangani oleh calon jemaah haji yang bersangkutan dilengkapi foto copy KTP 2 lembar, pas photo ukuran 3x4 sebanyak 2 lembar.
  • Dokumen SPPH dan Bukti Pelunasan Setoran BPIH (memerlukan pas photo 3x4 sebanyak 2 lembar) , Anda bawa dokumen ini ke Kantor Depag (Kanwil depag untuk urusan Haji dan Umrah di masing-masing daerah)

  • Sebaiknya dokumen-dokumen Anda (KTP, KK, Bukti setor, SPPH dan photo copynya selalu Anda bawa didalam Map). Di kantor depag nanti Anda akan dilayani oleh petugas, dimana dokumen dan permohonan SPPH Anda akan dicatat dan diberi nomor porsi. Ketika dapat nomor porsi, coba Anda tanyakan kuota Haji untuk keberangkatan haji tahun ini (sesuai dengan rencana keberangkatan Anda) sampai nomor porsi berapa. Hal ini sangat penting karena Anda sudah bisa memprediksi apakah Anda dapat berangkat pada tahun tersebut atau masuk dalam waiting list. Sekalian untuk memutuskan apakah Anda akan mulai ikut bimbingan manasik haji melalui KBIH, karena banyak yang terjadi sudah ikut bimbingan di KBIH dan sudah bayar jutaan rupiah tetapi masuk dalam waiting list.
  • Tahap selanjutnya Anda tinggal menunggu informasi berapa besar BPIH dari pemerintah secara resmi, dan nanti oleh pihak Bank Anda akan dihubungi untuk menyelesaikan sisa uang untuk melunasi sesuai besaran BPIH yang sudah ditetapkan secara resmi, ditambah uang administrasi Bank.
  • Setelah keputusan besarnya biaya BPIH oleh pemerintah keluar dan Anda sudah dihubungi oleh Bank untuk dapat mulai melunasi setoran, maka sisanya sebaiknya Anda transfer saja jika uang Anda ada pada tabungan lain atau Bank lain untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan. Perlu diingat karena BPIH/ONH ini menggunakan kurs dollar, maka setoran Anda pada saat itu dikonversikan dulu dengan nilai tukar rupiah terhadap dollar. Jika setoran Anda melebihi BPIH yang ditetapkan, nanti Bank akan mengembalikan sisanya karena buku tabungan Anda otomatis akan ditutup jika sudah melakukan pelunasan.
    Petugas akan mencetak bukti setor BPIH lunas sebanyak 5 (lima) lembar, meliputi :
    a) Lembar pertama asli (warna putih) dibubuhi materai Rp. 6.000,- dan pasfoto berwarna ukuran 3 x 4 untuk calon jemaah haji
    b) Lembar kedua (warna merah muda) dibubuhi pasfoto berwarna berukuran 3 x 4 untuk Visa Haji
    c) Lembar ketiga (warna kuning) untuk Kantor Departemen Agama Kabupaten / Kota
    d) Lembar keempat (warna biru) untuk lampiran SPMA (Surat Panggilan Masuk Asrama) kalau di Palembang kemarin masuk Asrama haji tidak pakai surat ini, lembar ke empat ini diserahkan kepada PPIH (Panitia Pemberangkatan Ibadah Haji) embarkasi pada saat calon jemaah haji masuk asrama
    e) Lembar kelima (warna putih) untuk Bank tempat menerima setoran BPIH
    f) Calon jemaah haji setelah menerima bukti setoran BPIH lunas dari Bank segera mendaftarkan diri kepada Kantor Departemen Agama Kabupaten / Kota domisili setelah menerima lembar bukti setor lunas BPIH dengan menyerahkan :
  • Surat keterangan kesehatan dari Puskesmas domisili (Bisanya Puskesmas tempat pemeriksaan akan ditentukan berdasarkan domisili calon haji, untuk hal ini Anda bisa tanya ke depag dan biasanya diumumkan juga lewat KBIH). Pada saat pemeriksaan Anda harus melengkapi photo copy KTP juga dan ada uang pemeriksaan ( 15 sampai 20 ribu), tetapi di Palembang mulai 1428 H ini pemeriksaan kesehatan dibebaskan dari biaya juga di tahun 1430H ini akan ada bantuan living cost dari Pemdanya sebesar 200 Riyals, ya tergantung kebijakan daerah masing-masing. Kalau di Medan, kebijakan dari Pemda setempat untuk kasih uang 100 riyal per jamaah tetapi kesehatan bayar.
  • Fotokopi KTP yang masih berlaku dengan memperlihatkan aslinya
  • Bukti setor BPIH lembar kedua (warna merah muda) dan ketiga (warna kuning)
  • Pas photo berwarna terbaru, tidak berkacamata hitam (boleh berjilbab bagi wanita dan berpeci bagi pria) ukuran 3 x 4 sebanyak 16 lembar dan 4 x 6 sebanyak 2 lembar untuk Paspor Haji, SPMA, dan tanda pengenal jemaah
  • SPPH lembar kedua (warna merah muda)
  • Petugas Kantor Departemen Agama Kabupaten / Kota setelah menerima kelengkapan persyaratan pendaftaran bagi calon jemaah haji akan meneliti kelengkapan pendaftaran calon jemaah haji . Sampai disini selesailah pengurusan dokumen, dan jangan lupa Anda bawa dokumen pendaftaran haji Anda dan jadikan satu dokumen dengan dokumen lainnya.
  • Menunggu pemeriksaan kesehatan Tahap II, pemeriksaan ini dilakukan jika Anda memang sudah positip masuk dalam kuota haji / porsi haji pemberangkatan tahun tersebut. Tempat dan waktu pemeriksaan nanti akan diumumkan melalui KBIH dan juga melalui media massa, biasanya dilakukan di Puskesmas Kotamadya/Kabupaten. Pada pemeriksaan ini Anda sudah mendapatkan Buku Kesehatan Haji.
  • Selesailah proses pendaftaran Anda. Selanjutnya Anda tinggal mempersiapkan diri dan menunggu pengumuman jadwal pemberangkatan.
  • Kalau Anda memilih haji Mandiri tanpa melalui KBIH maka Anda tinggal menunggu jadwal manasik haji yang diselenggarakan oleh Depag selama lebih kurang 1 minggu. Anda juga bisa mengajukan permohonan kelompok regu (jika Anda merasa cocok dengan anggota jamaah lain maka bisa membuat kelompok untuk diusulkan ke depag sebagai kelompok haji mandiri). Tetapi kalau tidak nanti akan diatur oleh Kanwil Depag, digabungkan dengan Kloter berapa dan didata sebagai kelompok mandiri. Haji Mandiri ternyata lebih enak, Alhamdulillah saya dua kali menjalaninya.
Catatan: Prosedur pendaftaran ibadah haji yang dikeluarkan oleh depag seperti pada gambar bagan alir di atas ternyata dilapangan tidak 100% seperti itu.