10 September 2013

Kisah Petani Desa

by Udinkarya.

Saudaraku yang di cintai Alloh, ada kisah nyata yang bisa dijadikan tauladan buat kita semua.

Singkat cerita, ada seorang petani yang bertanya kepada sang ustadz, petani ini memliki beberapa hektar sawah di kampungnya. Ada kejadia aneh, kenapa setiap panen padi selalu gagal meskipun berhasil pasti hasil panennya selalu dimakan tikus sawah. Lalu petani ini menceritakan setiap kejadian yang dialami dirinya, kenapa hidupnya selalu sial dan kurang beruntung.

Kemudian sang ustadz menanyakan bagaimana selama ini dia ibadahnya, do'anya, sholatnya, baca Al-Qur'annya, dan sebagainya. Lalu petani itu menjawab, kalau sholat 5 waktu dia selalu melakukannya meskipun hanya sebatas menggugurkan kewajiban saja, sedang berdo'a dia jarang sekali itupun berdo'a ketika dalam keadaan sulit atau kepepet baru minta pertolongan, ketika ditanya terus baca Qur'annya gimana?. Petani itu menjawab, kalau saya baca Al-Qur'an setahun sekali dan itupun ketika ramadhan saja, sampai saya malu itupun tidak khatam katanya.

Selanjutnya petani itu disuruh untuk rutin berdo'a, diperbanyak sholatnya apalagi ditambah dengan yang sunah-sunahnya, dirutinkan juga baca Al-Qur'annya kalau bisa 1 bulan sekali khatam. Tak lama kemudian anjuran itu dilaksanakan petani. beberapa bulan kemudian petani itu kaget, sawah yang biasanya selalu diserang hama sudah tidak lagi, hasiil panen di lumbungnya yang biasa dimakan tikus sudah tidak lagi. Ini pertanda hasil usahanya di ridhoi dan di berkahi oleh Alloh SWT. Kalau Alloh SWT sudah ridho, apapun yang tidak mungkin menjadi mungkin, yang jauh bisa dekat, yang sulit bisa menjadi mudah. Insya Alloh...

Sahabatku, kisah petani tadi bisa jadi menjadi gambaran hidup kita mengenai masalah hidup yang tidak pernah selesai-selesai, hidup memang penuh dengan masalah tetapi masalah seberat apapun pasti ada solusinya, ibadah petani tadi juga bisa jadi gambaran kita yang selama ini malas unutk berdo'a, malas untuk sholat apalagi baca Al-Qur'an.. Mulai saat ini, detik ini mari perbanyak do'a, do'akan anak-anak kita, istri suami kita, orangtua dan mertua kita, Jangan sampai kita miskin dan kering do'a karena do'a adalah tanda kedekatan kita kepada Alloh SWT, Saat ini kita juga perbanyak baca Qur'an, baca jangan ketika Ramadhan datang, kalau bisa tekadkan dalam diri untuk khatam 1 bulan sekali.Mudah-mudahan Alloh SWT memudahkan setiap langkah dan urusan kita..Aamiin.


Label: , , ,